Langsung ke konten utama

Reiew IV : Kesimpulan dan Saran


 
Analisis Dampak Beban Operasional
Terhadap Tingkat Profit Margin
Pada Unit Usaha Susu Perah Koperasi Unit Desa (Kud) Sarwa Mukti
Cisarua Bandung
Oleh :
Sheny Amaliah
Universitas Komputer Indonesia
 
 

 KESIMPULAN DAN SARAN
a.  Kesimpulan
1.      Perkembangan Beban Operasional pada KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung pada periode 2001-2008 berfluktuasi pada setiap periode dan cenderung menurun. Penurunan beban operasional unit susu yang paling besar terjadi pada periode 2001 menuju 2002, hal ini disebabkan Penurunan harga pokok penjualan yang disebabkan menurunnya pembelian susu yang karenakan menurunnya produksi susu dari peternak. Peningkatan beban operasional terbesar terjadi pada periode 2007 menuju 2008 hal ini disebabkan kenaikan biaya yang dikeluarkan untuk pembelian susu yang disebabkan meningkatnya harga susu dari peternak.
2.      Perkembangan Profit Margin KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung Mulai pada periode 2001 sampai dengan periode 2008 berfluktuasi pada setiap periode dan cenderung menurun. Penurunan profit margin terbesar terjadi pada periode 2005 menuju 2006, hal ini disebabkan menurunnya laba operasional yang diakibatkan karena penjualan yang tidak proporsional. Peningkatan profit margin terbesar terjadi pada periode 2004-2005 karena meningkatnya laba operasi yang disebabkan perusahaan dapat menekan biaya operasional pada tahun sebelumnya dan meningkatkan penjualan.
3.      Beban operasional unit susu berperan dalam meningkatkan profit margin pada KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung (KD) sebesar 28,09 % sedangkan sisanya 71,91% dipengaruhi oleh factor lain separti pendapatan usaha lainnya. Dimana nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,528 menunjukan bahwa hubungan kedua variabel sedang dan memiliki hubungan linier positif (searah) antara beban operasional dengan profit margin artinya semakin besar beban operasional maka semakin besar profit margin. Nilai thitung sebesar 1,523dan nilai ttabel sebesar 1,895 maka dapat diketahui H0 berada di daerah penerimaan sehingga keputusannya menolak H1, artinya beban operasional susu berpengaruh tidak signifikan terhadap profit margin.

b.  Saran
          Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis akan mencoba menyampaikan beberapa saran yang mungkin dapat bermanfaat bagi pihak KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung:
1.      Perkembangan beban operasional unit susu perah pada KUD Sarwa mukti mengalami fluktuasi. Untuk mengatasi pemborosan biaya operasional sebaiknya KUD Sarwa Mukti dapat mengurangi biaya seperti biaya telpon dan listrik.
2.      Perkembangan Profit margin unit susu perah pada KUD Sarwa mukti mengalami fluktuasi dan cenderung menurun dan masih belum sehat. Untuk menghasilkan profit margin yang maksimal, maka pihak KUD Sarwa Mukti harus dapat menekan biaya operasional dan dapat meningkatkan penjualan.
3.      Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh penulis menunjukan bahwa beban operasional susu berpengaruh tehadap profit margin. Oleh karena itu, akan lebih baik jika KUD Sarwa Mukti Cisarua Bandung dapat menekan beban operasional serendah mungkin dan meningkatkan penjualan sehingga dapat meningkatkan profit margin.






DAFTAR PUSTAKA

Bambang Rianto, 2001, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, edisi empat   Yogyakarta BPFE

Harahap, 2007, Teori Akuntansi Jakarta: Raja Grafindo persada

Henri Simamora,2000, Ekonomi Mikro Jakarta, Salemba

Husein Umar.2000.Metode Riset Bisnis. Jakarta :PT Gramedia Pustaka Utama
Ikatan Akuntan Indonesia.2004.Standar Akuntansi Keuangan.Jakarta:Salemba Empat

Jonathan Sarwono (2006 Panduan Cepat dan Mudah SPSS 14. Yogyakarta:Andi

Jopie Jusuf, 2004, Analisis Kredit Untuk Account Officer, Jakarta: Gramedia

Jumingan, 2008, Analisis laporan Keuangan, Jakarta: Bumi Aksara
                                                                                                                                                            
M. Nazir, 2003, Methodologi Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia

Mudrajat Kuncoro, 2001, Yogyakarta: AMP YPKN

Mulyadi, 2002, Akuntansi Biaya, Yogyakarta STIE YKPN

Mulyadi, 2009, Akuntansi Biaya, Yogyakarta STIE YKPN

Soegiyono, 2007, metode penelitian bisnis, Bandung: Alpabeta

Soemarso, 2000, Akuntansi: Suatu Pengantar, lembaga penerbit fakultas ekonomi, universitas Indonesia

Siswanto Sutojo, 2002, Membiayai Perdagangan Exspor & Impor Jakarta: Damar Mulia pustaka

Sofyan Assauri, 2000, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Raja Grafindo

S. Munawir,2000, Analisa Laporan Keuangan  Yoyakarta: Liberty

Suad Harman, 2008, Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto, 2002, Manajemen Penelitian, Jakarta:Rineka Cipta

Suwardjono, 2003, Akuntansi Dasar Yogyakarta BPFE

Umi Narimawati, 2008, Teknik Analisis Multivariat Untuk Riset Ekonomi, Jakarta: Graha Ilmu

Usry, Milton F dan Lawrence H. Hammer, 1996, Akuntansi Biaya Perencanaan    Dan Pengendalian, Penerbit Erlangga, Jakarta
Totok Budi Santoso,2000, Akuntasi Manajerial, Bandung: ITB

Zaki Baridwan, 2004, Akuntansi Keuangan intermediet, Yogyakarta BPFE

Skripsi:
Dewi Pramita Motik, 2007, Pengaruh Beban Operasional terhadap tingkat profit margin pada PT. PLN Persero, universitas Pendidikan Indonesia.

Siti Azizah,2002, Pengaruh Biaya Operasional terhadap Laba Operasional PT. Kereta Api Persero Bandung, Unikom

Umar Zuki, 2008, Pengaruh Biaya Operasional Terhadap Profitabilitas pada PT Kereta Api Persero Bandung, Unikom





Nama               : Mohammad Mirsad
NPM/KLS       : 28211818/2EB09
TAHUN          :2012

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Inggris Bisnis 2 : TOEFL

NAMA : MOHAMMAD MIRSAD NPM    : 28211818 KELAS: 3EB09       Test of English as a Foreign Language Test of English as a Foreign Language or TOEFL is a standardised test of English language proficiency for non-native English language speakers wishing to enroll in U.S. universities. The test is accepted by many English-speaking academic and professional institutions. TOEFL is one of the two major English-language tests in the world, the other being the IELTS . TOEFL is a trademark of ETS ( Educational Testing Service ), a private non-profit organisation, which designs and administers the tests. The scores are valid for two years; then they are no longer reported. History In 1962, a national council made up of representatives of thirty government and private organizations was formed to address the problem of ensuring English language proficiency for non-native speakers wishing to study at U.S. universities. This council recommended the development and adminis

Sejarah Perkembangan Akuntansi Di Asia

Nama           : Mohammad Mirsad NPM           : 28211818 Kelas          : 4EB09   ·          Perkembangan Akuntansi di ASIA 1.       Thailand 2.       Japan 3.       Cina 4.       Singapura 5.       Korea Selatan 6.       Indonesia ·          Sistem Akuntansi Thailand Ø   Satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak mengalami kolonisasi.   Sistem akuntansi yang berlaku menunjukkan nilai transparansi dan informasi yang dibutuhkan investor   seperti pada negara-negara Anglo-Amerika Ø   Prinsip Akuntansi yang berlaku umum di Thailand adalah Thai GAPP berdasarkan pada IASS dan SAK Ø   Standart akuntansi dikeluarkan oleh ICAAT berdiri pada tahun 1948 Ø   Standar Akuntansi Thailand dan Standar Pelaporan Keuangan yang diumumkan oleh Thailand Federasi Profesi Akuntansi (FAP) sesuai dengan Standar Akuntansi Internasional (IAS) dan International Financial Reporting Standards (IFRS) diterapkan pada tahun 2011. ·          Sistem A

AKUNTANSI DAN LAPORAN KEUANGAN

1. Definisi Akuntansi     Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. 2. Fungsi Akuntansi     Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi. Fungsi dasar akuntansi: a. Menciptakan sistem akuntansi b. Membuat prosedur untuk mencatat, menggolongkan dan memasukkan secara singkat transaksi-transaksi perusahaan c. Memberikan laporan/keterangan pada manajemen untuk penyusunan anggaran dan pengendalian ak